Kamu mungkin sedang merencanakan untuk berkuliah di Korea Selatan. Tetapi mungkin kamu kebingungan masalah biaya hidup di Korea Selatan.

Budaya dan kemajuan industri di Korea Selatan mungkin jadi daya tarik sendiri buatmu. Dalam dekade terakhir, Korea Selatan memang semakin menjadi trend yang digandrungi.

Tinggal di negara kiblat boy/girl band dunia mungkin menjadi kebanggan tersendiri. Berikut rincian perkiraan biaya hidup di sana.

Tempat Tinggal di Korea
Tempat Tinggal di Korea (Source : pixabay.com)

Tempat Tinggal

Korea Selatan menawarkan berbagai alternatif tempat tinggal. Dari segi fasilitas pun variatif mengikuti harga.

Berikut pilihan paling ramah dengan kantong mahasiswa internasional seperti Indonesia yaitu one room, gisuksa, dan hasukjib.

Asrama atau 기숙사 (gi-suk-sa)

Universitas di Korea rata-rata memiliki asrama mahasiswa (gisuksa) yang berlokasi di dalam kampus.

Asrama ini terbuka baik untuk mahasiswa Korea sendiri ataupun untuk mahasiswa internasional. Ukuran, fasilitas, dan harga asrama ini pun beragam.

Kebanyakan gisuksa hanya dihuni oleh dua orang. Meskipun banyak juga yang bisa dihuni sampai enam orang.

Harga sewa kamar asrama (gisuksa) ini berkisar antara 150.000-600.000 per bulan serta tidak mengenal sistem deposit.

Bagi mahasiswa internasional, biasanya universitas kan memberikan potongan biaya akomodasi.

One room atau 원룸 (won-rum)

One room adalah akomodasi di luar kampus yang sering dijadikan alternatif pilihan tempat tinggal oleh mahasiswa internasiobal di Korea Selatan.

Tempat tinggal jenis ini terdiri dari satu ruangan yang di dalamnya sudah kursi, lemari, tempat tidur, meja, kamar mandi, dan dapur. Kalau di indonesia itu sendiri one room bias disebut kosta

Penyewaan one room biasanya menggunakan sistem deposit yang disebut 보증금 (bo-jeung-geum) dengan jumlah yang cukup besar yakni mulai dari 1 juta won.

Semakin besar nilai deposit yang diberikan, semakin kecil pula biaya sewa per bulannya. Deposit akan diberikan kepada pemilik saat awal penyewaan, serta akan dikembalikan setelah kontrak berakhir.

Biaya bulanan untuk satu unit one room juga variatif mulai dari 250.000 won sampai di atas 1 juta won.

Biaya tersebut sudah mengcover fasilitas tambahan seperti gas, listrik, dan wifi. Tetapi bisa juga hal itu belum termasuk di dalamnya.

Homestay atau 하숙집 (ha-suk-jib)

Hasukjib atau homestay merupakan konsep di mana kamu akan hidup dan tinggal bersama dengan sebuah keluarga.

Kamu bukan satu-satunya yang tinggal bersama tetapi juga bersama beberapa penyewa lainnya. Tidak hanya menyediakan tempat tinggal, namun Hasukjib biasanya sepaket dengan fasilitas sarapan serta makan malam.

Akomodasi yang satu ini akan cocok bagi kamu yang ingin merasakan kehangatan keluarga meski berada di luar negeri. Apalagi kamu orangnya penakut dan tidak mau tinggal sendirian.

Tiap bulannya, kamu harus mengeluarkan uang sekitar 400 ribu won untuk bisa tinggal di hasukjib.

Dong Mun Asian Cuisine Restaurant
Dong Mun Asian Cuisine Restaurant (Source : trazy.com)

Biaya Makan Sehari-hari

Biaya yang diperlukan untuk kebutuhan makanan, akan sangat tergantung dengan gaya hidup dan pola makan kita.

Berikut ini merupakan gambaran harga makanan dari berbagai tempat:

Convenience Store / Minimarket

Makanan yang tersedia di minimarket seperti kimbab(nasi kepal), salad, rice box, dan makanan lain yang harganya relatif murah yakni di bawah 5000 won.

Kantin Kampus / 학생식당 (hak-saeng sik-dang)

Kantin kampus biasanya menyediakan paket makan siang yang menunya berisi nasi, side dish, lauk, dan air minum. Harganya juga biasanya relatif murah yakni di bawah 5000 won.

Street food

Sama seperti Indonesia, di Korea juga banyak yang suka menjajakan jajanan atau makanan yang dijual di pinggir jalan dengan harga di bawah 3500 won.

EID Restaurant
EID Restaurant (Source : themoslemtraveler.com)

Restoran

Bagi kamu yang suka makanan berkelas, bisa makan di restoran Korea tetapi kamu harus merogoh kocek mulai dari 10.000 won.

Untuk menghemat budget, kamu bisa memasak sendiri. Kamu bisa membeli bahan-bahan makanan baik secara online maupun secara offline di supermarket terdekat.

Supermarket di Korea tidak beda jauh dengan Indonesia karena sering memberikan potongan harga lewat diskon maupun kupon.

Dengan memasak sendiri, kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan sekitar 100.000 sampai 200.000 won. Sangat lumayan, bukan?

Kereta di Korea
Kereta di Korea (Source : pixabay.com)

Biaya Transportasi

Biaya transportasi juga masuk daftar biaya yang harus kamu perhitungkan.
Apalagi jika kamu tinggal jauh dari kampus, maka kamu harus sisihkan uang yang cukup untuk hal ini.

Moda transportasi umum yang bisa digunakan saat kamu bepergian ialah bus, kereta, atau taksi. Tidak seperti di Indonesia, motor menjadi kendaraan pribadi yang tidak dijadikan sebagai moda transportasi sehari-hari di Korea Selatan.

Saat di Indonesia, kita biasa menggunakan Google Map atau Trafi untuk mengetahui jalan dan rute kendaraan umum. Sementara di Korea, kamu dapat menggunakan produk-produk Kakao atau Naver seperti Kakao Bus, Kakao MAP, Kakao METRO, Kakao Taxi,dan Naver Map.

Subway atau 지하철 (jiha-ceol)

Kereta bawah tanah (subway) memiliki tarif sekali jalan sebesr 1250 hingga 2500 won. Pembayarannya hampir sama dengan KRL di indonesia yaitu dilakukan melalui kartu khusus transportasi atau kartu bank yang terintegrasi.

Bus/버스 (beo-seu)

Selain kereta bawah tanah, bus juga dapat dijadikan alternatif pilihan untuk transportasi sehari-hari. Harga dan sistem pembayarannya pun tak jauh berbeda.

Bus cenderung menjadi moda transportasi favorit karena memiliki rute yang lebih menyebar dan merata. Tidak seperti kereta yang perlu transit beberapa kali.

Taksi

Jika kamu ingin menaiki transportasi yang lebih personal dan cepat, kamu bisa menggunakan taksi. Namun ongkosnya juga cenderung lebih mahal.

Taksi di Korea bisa dibayar dengan uang tunai serta kartu kredit/debit. Kartu khusus untuk transportasi umum yang biasa digunakan pada kereta dan bus tidak bisa kamu gunakan untuk transportasi yang satu ini.

Masalah biaya hidup di Korea boleh perhitungan, tetapi masalah visa kamu tidak perlu perhitungan. Di visaloka.com, kamu bisa mendapatkan visa dengan murah, mudah, dan cepat.

Write A Comment