Turki dan Korea kini sama-sama bersaing dalam industri kreatif dan pariwisata. Tak mau kalah, makanan halal di Korea pun kini semakin merebak untuk memanjakan wisatawan Muslim.

Berbeda dengan Turki yang kental akan budaya Islami, berwisata kuliner di Korea mungkin sedikit menjadi kehati-hatian untuk kamu yang beragama Islam. Padahal, makanan halal di Korea kini sudah semakin mudah ditemukan.

Demam KPOP dan Drama Korea pun dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis di dunia untuk membuka restoran makanan khas Korea.

Di Indonesia sendiri, restoran Korea selalu ramai dikunjungi para kawula muda atau keluarga yang sedang menghangatkan suasana.

Harga makanan halal di Korea Selatan pun cukup bersahabat dengan kantong para wisatawan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut rekomendasi restoran halal di Korea yang menyajikan berbagai menu lezat.

Murree Restaurant
Murree Restaurant (Source : beuatynesia.id)

1. Murree Restaurant

Jika ingin mencari kawasan yang penuh dengan sajian makanan halal, kamu bisa pergi ke Itaewon.  Murree Korea Muslim Food salah satu rekomendasi rumah makan halal Korea Selatan yang bisa menjadi pilihan.

Dari namanya saja kamu mungkin bisa menebak bahwa rumah makan ini pasti menyajikan menu makanan halal untuk kaum Muslim.

Sambil menunggu waktu salat, kamu bisa menikmati hidangan makan malam di sana karena lokasinya dekat dengan Masjid Sentral Seoul.

Berbagai menu berbeda disajikan di restoran ini menggunakan mangkok berlusin-lusin. Penyajian seperti ini memang sangat khas di Korea. 

Beberapa menu lezat yang bisa kamu coba diantaranya samgyetang (sup ayam ginseng), kimchi jeon ( kue dadar kimchi), ayam biryani, kimchi bokkeumbap (nasi goring kimchi), dan lainnya.

EID Restaurant
EID Restaurant (Source : themoslemtraveler.com)

2. EID Restaurant

Jika ingin menikmati menu asli Korea yang halal dari segi bahan dan prosesnya, kamu bisa pergi ke EID. Lokasi rumah makan ini terletak di jantung kota, Itaewon.

Pemilik restoran yang menganut agama Islam membuat restoran ini dijamin kehalalannya. Bahkan Korean Muslim Foundation sudah memberikan sertikat halal kepada rumah makan ini.

Rumah makan halal ini begitu tenar dan laris manis di Korea Selatan karena kelezatan makanan dan letaknya yang begitu strategis.

Menu andalan disini diantaranya ja jang bap (nasi kacang hitam), jjimdak (ayam bumbu pedas manis), tteokbokki (lontong khas Korea),dan bulgogi sapi.

Yang menjadi daya tarik pengunjung, di restoran ini kamu bisa menikmati menu kimchi, sup, dan minumannya secara gratis dan sepuasnya.

Siti Sarah Restaurant
Siti Sarah Restaurant (Source : sitisarahkorea.com)

3. Siti Sarah Restaurant

Siti Sarah merupakan istri dari nabi Ibrahim AS. Jika kita mendengar nama restoran Siti Sarah, sudah bisa ditebak bahwa tempat tersebut pasti menyajikan makanan halal.

Untuk kamu yang lidahnya sudah kecantol sama bumbu-bumbu khas Indonesia, rumah makan ini mungkin paling tepat buatmu.

Tempat ini merupakan restoran Indonesia di Korea yang begitu terkenal. Selain menyajikan menu masakan Indonesia, masakan Melayu atau Malaysia pun bisa menjadi alternatif pilihan.

Restoran ini diresmikan oleh Kedutaan RI yang berada di Korea Selatan. Rumah makan ini bisa menjadi obat rindu untuk para pelajar atau pekerja yang merantau di sana.

Kamu bisa menemukan rumah makan ini di kawasan kuliner halal Itaewon, tepatnya di Yongsan-gu.

Makan Restaurant
Makan Restaurant (Source : bp-guide.id)

4. Makan Restaurant

Restoran makanan halal di Korea yang juga berada di Itaewon adalah Makan Restaurant atau biasa dikenal dengan sebutan MHKR. MHKR sendiri merupakan singkatan dari Makan Halal Korean Restoran.

Menu andalan dari rumah makan ini adalah mull naengmyeon (mie dingin) dan bulgogi.Uniknya, restoran ini menyajikan makanan dalam bentuk kemasan kotak makan siang (dosirak).

Kalau sedang berlibur ke Korea Selatan dan bingung mau makan di mana, kamu bisa mampir ke MHKR. Selain halal, rasanya pun enak dan membuat lidahmu ketagihan.

Dong Mun Asian Cuisine Restaurant
Dong Mun Asian Cuisine Restaurant (Source : trazy.com)

5. Dong Mun Asian Cuisine Restaurant

Pulau Nami yang keindahannya mampu beradaptasi melewati empat musim tentu begitu menarik minat para wisatawan. Jika kamu berlibur ke sana, tidak usah risau masalah makanan.

Bukan hanya di Itaewon, Pulau Nami di Gang-won-do pun sudah memiliki bebebrapa restoran halal yang terkenal. Restoran Dong Mun merupakan tempat makanan ideal untuk kamu yang beragama Islam. 

Dong Mun bahkan sudah memiliki banyak cabang di Pulai Nami, dan tersebar di beberapa titik berbeda. Tepatnya di Namsan-myeon, Namisum-gil, dan Chun-cheon-so.

Restoran ini menjadi restoran keempat di Korea Selatan yang telah resmi memiliki label halal. Menu yang ditawarankan dari rumah makan ini ialah menu makanan halal dari berbagai negara di Asia, termasuk Korea.

Salam Turkish Restaurant
Salam Turkish Restaurant (Source : idntimes.com)

6. Salam Turkish Restaurant

Kalau melihat namanya, kamu pasti bisa menebak bahwa restoran ini menyajikan makanan khas Turki.

Bagi kamu yang jatuh cinta dengan Cappadocia tetapi belum berkesempatan untuk ke sana, tidak usah berkecil hati, kamu bisa berlibur ke Korea sambil menikmati suasana Turki.

Lokasi rumah makan ini berdekatan dengan masjid Itaewon. Kalau sudah memasuki waktu salat, kamu juga bisa sekalian salat di sana.

Selain makanan khas Turki, menu masakan khas Timur Tengah lainnya pun bisa kamu nikmati. Tempat ini selalu ramai diserbu baik oleh penduduk Muslim Korea atau Wisatawan Muslim.

Menu paling laris di restoran ini adalah Dolma Biber. Dolma biber terbuat dari nasi, sayuran manis, daging domba yang dimasukkan ke dalam paprika.

Kervan Restaurant
Kervan Restaurant (Source : travel.dream.co.id)

 7. Kervan Restaurant

Masih berada di kawasan kuliner Itaewon, sebuah restoran Turki bernama Kervan begitu ramai dikunjungi penikmat kuliner.

Meskipun bukan restoran Korea, tetapi Organisasi Pariwisata Korea merekomendasikan restoran ini kepada para wisatawan. Makanan disini disajikan dalam porsi jumbo, melebihi ukuran porsi rata-rata.

Menu andalan di rumah makan ini ialah kebab, baklava, dan pide. Bagi kamu para pencari makanan halal, restoran Turki memang selalu menjadi tempat paling aman.

Halal Chopstick Restaurant
Halal Chopstick Restaurant (Source : tempatwisataunik.com)

8. Halal Chopstick Restaurant

Halal Chopstick merupakan tempat wisata kuliner halal di Korea Selatan. Dari namanya saja tentu tidak perlu ditanyakan lagi bagaimana status kehalalannya.

Menu andalan dari rumah makan ini ialah kimchi dan bulgogi. Yang membuat istimewa, racikan bumbu kimchi ditemukan sendiri oleh pemilik restoran. Bulgogi segar yang lezat juga  selalu habis diserbu pembeli.

Selain dua menu andalan tersebut, beraneka macam menu Korea lainnya pun ditawarkan dengan begitu menggugah selera.

Persian Palace
Persian Palace (Source : visitseoul.net)

9. Persian Palace

Untuk kamu penikmat masakan Timur Tengah, kamu bisa pergi ke kawasan Sungkyunwan. Di sana ada Persian Palace, restoran Iran yang menjual makanan halal.

Rumah makan ini pertama kali didirikan pada 2002 oleh alumni Universitas Hanyang yang berasal dari Iran. Setelah lulus kuliah, sang pemilik  memutuskan untuk menetap dan merintis bisnis kuliner di Korea Selatan.

Menu andalan di restoran ini ialah olahan daging domba. Daging domba ini diolah dengan begitu istimewa.Sebelum dihidangkan kepada para pembeli, mulanya daging didiamkan selama tiga hari setelah diracik dengan bumbu kari.

Selain daging domba, menu favorit lainnya ialah kue beras, kari ayam, dan roti ala Iran.

Yang Good BBQ
Yang Good BBQ (Source : airpaz.com)

10. Yang Good BBQ

Selain olahan daging domba di Persian Palace, olahan daging domba halal di Yang Good BBQ juga tak kalah lezat.

Bagi kamu penggemar barbekyu tetapi takut dengan makanan Korea yang haram, tempat itu tentu menjadi daftar destinasimu. Lokasinya pun strategis, dekat dengan Stasiun Yeoksam.

Tidak tanggung-tanggung,  kualitas daging domba nomor satu pun langsung didatangkan dari Australia. Tekstur dagingnya begitu empuk dan tidak mudah kering.

Pengunjung bisa memilih sendiri berbagai menu olahan daging domba sesuai seleranya. Daging bumbu domba, iga domba, dan sate daging domba bisa kamu pilih sebagai pesanan.

Agar suasana Koreanya juga terasa, semua menu tersebut bisa dinikmati dengan kimchi.

Buat kamu yang sudah tidak sabar ingin mencicipi berbagai makanan halal di Korea, jangan sampai lupa persiapkan semuanya dengan matang. Visaloka.com hadir sebagai solusi kepengurusan visa untuk memperlancar perjalananmu.

Write A Comment