Meski suhunya ekstrem, musim dingin di Korea tetap menjadi waktu favorit wisatawan. Apalagi untuk kita yang berasal dari iklim tropis, pastinya penasaran dan mau merasakan bagaimana rasanya bermain salju di negeri orang.

Meskipun di Indonesia sendiri sudah banyak wahana atau tempat bermain salju buatan, tetapi ya pasti rasanya berbeda dengan salju yang asli. Dingin yang menusuk pun rasanya bukan halangan demi momen berharga yang mungkin hanya sekali seumur hidup.

Untuk menjaga kondisi tubuh, pakaian musim dingin di Korea yang  berlapis-lapis dan berbahan tebal harus kamu persiapkan dengan matang.

Bebagai macam pakaian pendukung pun jangan sampai terlewatkan. Mulai dari   mantel, sarung tangan, penutup kepala, syal, kaus kaki dan sepatu boots.

Ditambah lagi, musim salju di Korea ini berlangsung dari bulan Desember sampai Februari.  Dimana bulan Desember merupakan bulan musim liburan akhir tahun.

Sebagai tips liburan musim dingin di Korea, berikut kami sajikan rekomendasi tempat wisata musim dingin yang begitu menyenangkan.

Hwacheon Sancheoneo Ice Festival
Hwacheon Sancheoneo Ice Festival ( Source : korea.net)

1. Hwacheon Sancheoneo Ice Festival

Tempat wisata favorit saat musim dingin di Korea adalah  Hwacheon Sancheoneo Ice Festival.  Penyelengaraan festival ini dilaksanakan di Kangwon-do.

Pada event ini kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan yang unik dan seru. Kamu bisa mengikuti penduduk lokal untuk berziarah tahunan ke pedesaan berbukit-bukit dan jauh dari kota.

Yang paling menyenangkan, kamu bisa melubangi es dari sungai yang mengeras untuk kemudian memancing ikan segar di dalamnya. Setelah sukses mendapat tangkapan, kamu bisa memasaknya di dapur festival. Wah, seru banget kan?

Tak cuma itu keseruan di festival ini, kamu juga bisa mengikuti berbagai permainan dan atraksi yang menarik. Kamu bisa bermain dan menonton atraksi sepakbola es, sledding, patung es, bobsleigh, ice skating, dan masih banyak lagi.

Untuk mempermudah wisatawan, transportasi dari dan ke tempat festival juga disediakan dengan baik.

Pyeongchang Trout Festival
Pyeongchang Trout Festival (Source : pixabay.com)

2. Pyeongchang Trout Festival

Apakah kamu masih ingat di mana Olimpiade Musim Dingin 2018 diselenggarakan? Ya, tepatnya di Pyeongchang,suatu daerah yang terletak di Gangwon. Sampai sekarang, tempatnya masih digunakan sebagai pusat latihan atlet musim dingin Korea Selatan.

Saat berkunjung ke Pyeongchang, kamu bisa megunjungi resort Korea Selatan pertama yang bisa digunakan untuk bermain sky. Resort ini bernama Doam-myeon, dan dibangun pada tahun 1975.

Di Pyeongchang, musim dingin akan berlangsung lebih lama dan terasa lebih dingin dari daerah lainnya.

Berbagai tempat wisata di Pyeongchang yang dapat kamu kunjungi ialah Daegwangryeong Yangtte Ranch dan Desa Budaya Lee Hyo-Seok. Setiap akhir tahun, Pyeongchang Songeo Festival akan menemani liburanmu. Di sana, kamu bisa melakukan aktivitas ice-scating, ice-fishing, dan ice-sleding.

Garden of Morning Calm
Garden of Morning Calm (Source : liputan6.com)

3. Garden of Morning Calm

Salah satu tempat wisata Korea Selatan saat musim dingin yang unik adalah gaden of Morning Calm.  Tempat ini berlokasi di Gyonggi-do dengan luas sekitar 300.000 meter persegi.

Eksotisme taman seakan menyihir dan membuatmu lupa bahwa kamu sedang bertarung dengan dingin. Berbagai jenis pohon disulap menjadi tempat-tempat gemerlap dengan lampu-lampu indahnya.

Namsan Tower
Namsan Tower (Source : alowisata.com)

4. Namsan Tower

Lanmark kota Seoul, Namsan Tower, juga tak boleh kamu lewatkan. Namsan  Tower juga biasa disebut dengan N Seoul Tower. Tower ini dibangin sekitar tahun 1971.

Serpihan salju berpadu dengan lampu kerlap-kerlip nampak begitu sempurna untuk dipandang. Bukan hanya memanjakan mata, tempat wisata ini juga bisa memanjakan lidahmu.

Jika suhu terasa begitu dingin, terkadang membuat kita menjadi lebih cepat kenyang. Jangan khawatir, kamu bisa menikmati berbagai menu lezat di restoran yang berada di atas tower.

Memandangi kota Seoul dari atas ketinggial sembari menyantap hidangan tentu akan menjadi momen romantis yang tak terlupakan.

Bagi kamu yang berlibur bersama pasangan, kamu bisa mengabadikan nama kalian berdua di tempat ini. Tuliskan saja nama kamu dan pasanganmu pada gembok cinta kemudian pasang gembok itu pada pgaar-pagar yang berda disekitar tower.

Bukchon Hanok Village
Bukchon Hanok Village (Source : travelvui.com)

5. Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village terletak di daerah Bukchon, Korea Selatan. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang tidak suka keramaian. Beberapa lokasi di daerah ini tidak begitu ramai tetapi tetap mempesona.

Keunikan dan keindahan tempat ini bisa kamu nikmati dengan nyaman dan santai. Jika kamu ingin menghemat tenaga saat menyusuri daerah Buckhon, kamu bisa mengikuti tour dengan becak Korea.

Kamu akan tertegun dengan sikap penyedia becak yang begitu ramah dan perhatian. Mereka akan menyediakan selimut dan hot pack untuk melindungimu dari rasa dingin selama tour.

Jangan takut masalah bahasa, tukang becak di sana banyak juga yang fasih berbahasa Inggris. Mereka akan membawamu ke tempat-tempat tersembunyi yang penuh dengan rumah tradisional, kafe, dan pertokoan selama 1,5 jam.

Taebaek Snow Festival
Taebaek Snow Festival (Source : kimtravel.com)

6. Taebaek Snow Festival

Saat musim dingin, di Korea juga terdapat berbagai macam acara eventual yang sayang dilewatkan. Taebaek Snow Festival adalah salah satunya.

Pada festival ini kamu bisa menyaksikan berbagai macam patung salju yang unik dan berukuran besar. Pada malam hari, patung-patung salju tersebut akan disinari dnegan lampu warna-warni yang sangat cantik.

Jika sudah puas memandangi patung salju, kamu juga bisa mengunjungi Igloo Café dan bermain snow slide.

Vivaldi Park
Vivaldi Park (Source :tour-korea.id)

7. Vivaldi Park

Pernah menonton drama Korea terkenal berjudul Legend of The Blue Sea? Jika kamu penggemar aktor tampan Lee Min Ho, kamu pasti tahu bagaimana indahnya pemandangan musim dingin pada drama tersebut.

Lokasi syuting tersebut berada di Sky Resort daerah Gangwon-do. Suasana drama korea yang romantis akan disuguhkan oleh tempat tersebut. Terlebih jika kamu bepergian pada malam hari bersama orang terkasih.

Kamu dan pasanganmu bisa menikmati indahnya suasana candlelit streets. Kalian bisa berjalan di tengah jalanan bersalju sambil diterangi lampu-lampu hias yang cantik.

 Di sana, kamu juga  bisa bermain ice sledding, sky, snowboarding, snowmobiling dan tube sledding.

Petite France
Petite France (Source : westernrovers.com)

8. Petite France

Petite France merupakan resort bertema pedesaan yang terletak di Gyeonggi. Resort ini memiliki artitektur bangunan bergaya Eropa.

Istimewanya, setiap musim dingin diadakan Lighting Festival seminggu dua kali, tepatnya hari Jumat dan Sabtu. Di sepanjang kawasan, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam lampu yang cantik.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai pertujukan seperti pertunjukan puppet (boneka), marionette, plaster art, sulap, dan lainnya. Tak heran, tempat ini menjadi favorit lokasi syuting drama Korea atau acara TV lainnya.

Ecoland Jeju
Ecoland Jeju (Source : trip.com)

9. Ecoland Jeju

Destinasi wisata musim dingin di Korea yang tak kalah menarik lainnya adalah Ecoland di Jeju.

Pemandangan yang indah dari putihnya salju yang bersatu dengan panorama hutan iklim subtropis. Tak usah jauh-jauh ke Eropa, di Korea pun kamu bisa mendapatkan pemandangan musim dingin yang menakjubkan.

Kamu juga bisa mengelilingi hutan bersalju dengan kereta api mini. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap sudut terbaiknya.

Seoul Palace
Seoul Palace (Source : befreetour.com)

10. Seoul Palace and Temple

Perpaduan antara Istana dan salju menghasilkan keindahan yang luar biasa. Jika kamu pecinta drama Korea bertema sejarah, kamu pasti setuju dengan argumen ini.

Kamu bisa berkunjung ke Gyeongbokgung Palace atau Changdeokgung Palace untuk menyaksikan keindahan musim dingin. Istana-istana beratap putih dengan pepohonan berwarna putih akan membawamu seakan masuk ke dalam drama Korea.

Salju takkan mengaburkan desain istana yang unik dan cantik. Jepretanmu di lokasi ini akan menjadi bukti pengalaman berharga yang tak terlupakan seumur hidup.

Jika kamu ingin mengurus visa untuk keperluan liburan musim dingin di Korea, jadikan visaloka.com sebagai kepercayaan setiap perjalananmu.

Write A Comment