Musim yang banyak diminati para wisatawan mancanegara saat berkunjung ke negara empat musim adalah saat musim semi.

Musim semi menandakan musim peralihan antara musim dingin dan musim panas dengan suhu sekitar 7-23 C. Musim semi biasanya berlangsung dari bulan Maret sampai Mei.

Namanya juga musim peralihan, maka perbedaan suhu antara siang dan malam menjadi sangat ekstrim. Teriknya matahari bisa terasa sangat menyegat, tetapi dinginnya malam juga terasa begitu menusuk kulit.

Untuk menggambarkan cuaca yang berubah, orang Korea biasa menggambarkan musim semi dengan ungkapan puitis “Ggot saem chuii”, yang artinya musim dingin cemburu pada bunga.

Bulan Mei menjadi bulan padat wisatawan karena cuacanya yang cerah dan mendukung. Pada bulan tersebut juga biasanya terdapat banyak promo tiket pesawat dan hotel.

Saat awal musim semi, sekitar Maret hingga April, udara dan suhu musim dingin masih terasa. Jangan lupa siapkan payung, karena mungkin terjadi hujat lebat dan angina kencang saat musim semi.

Sebaiknya, saat menjelang Mei, suhu akan menjadi lebih hangat karena akan mengalami fase musim panas.

Pada musi semi, kamu akan melihat bunga-bunga bermekaran. Taman-taman dipenuhi sakura-sakura yang cantik.

Waktu mekar Bunga Sakura di Korea Selatan bervariatif antara satu daerah dengan daerah lainnya. Misalnya, waktu mekar Sakura di Seoul lebih lambat dari waktu mekar Busan dan Jeju.

Saat kamu berlibur ke Korea pada musim semi, jangan lupa siapkan pakaian dengan berbagai tipe cuaca. Bawalah jaket tebal, coat, sampai pakaian casual yang berbahan ringan.

Berikut rekomendasi festival-festival musim semi di Korea yang seru dan romantis.

Jinhae Gunhangje Festival
Jinhae Gunhangje Festival (Source : pixabay.com)

1. Jinhae Gunhangje Festival

Jinhae Gunhangje Festival adalah festival bunga sakura terbesar di Korea Selatan. Jumlah wisatawan yang hadir ke sini selalu membeludak setiap tahunnya.

Kelopak-kelopak sakura tumbuh semerbak mengisi kekosongan ranting-ranting yang saling bertaut.

Sambil menikmati pesona bunga sakura, kamu bisa sambil menyaksikan pertunjukan musik, parade budaya, dan atraksi para tentara Korea.

Awalnya, festival ini diselenggarakan sebagai bentuk penghormatan untuk Laksmana Yi Sun-Sin yang telah menghantarkan armadanya meraih kemenangan dalam Perang Imjin.

Itulah sebabnya kenapa ada atraksi dari Republic of Army, Navy, Force, and Marine Corp dalam Jinhae Gunhangje Festival.

Nami Island Cherry Blossom Festival
Nami Island Cherry Blossom Festival (Source : pixabay.com)

2. Nami Island Cherry Blossom Festival

Selain Pulau Jeju, Nami Island juga menyuguhkan festival bunga sakura yang tak kalah keren.

Nuansa merah muda pada ranting-ranting pohon dan tanah-tanah akan mewarnai Pulau Nami pada musim semi. Pepohonan yang berleret rapih seakan menyambut kedatanganmu dengan penuh cinta.

Destinasi ini sangat cocok untuk pasangan yang sedang berbulan madu. Jangan sampai terlewatkan, pertengahan April merupakan jadwal penyelenggaraan Nami Island Cherry Blossom Festival.

Jeju Cherry Blossom Festival
Jeju Cherry Blossom Festival (Source : pixabay.com)

3. Jeju Cherry Blossom Festival

Jika kamu ingin melihat spesies sakura yang langka nan unik, datanglah ke Pulau Jeju. Di Lereng Gunung Halla, kamu akan melihat King Cherry Tree Blossoms atau Korean King Cherry.

Sakura jenis ini hanya mampu memekarkan kelopaknya dalam waktu tiga hari saja. Agar tak kehilangan momennya, kamu harus mencari informasi akurat tentang prediksi kapan bunga ini akan mekar.

Jeju Cherry Blossom Festival biasa diselenggarakan pada akhir Maret. Sudut terbaik untuk melayangkan pandang pada keindahan puspa ini ada di Jeju Sport Complex atau pusat Kota Seogwipo.

Saat musim semi, kamu bukan hanya bisa menyaksikan festival bunga sakura, hamparan bunga calona kuning yang cantik juga akan menemani perjalananmu.

Jadi, tak usah berkecil hati kalau kamu sampai kehilangan momen mekarnya sakura, karena bunga calona kuning juga tak kalah indah.

Hwagae Market Cherry Blossom Festival
Hwagae Market Cherry Blossom Festival ( Source : endlesstravellingmap.com)

4. Hwagae Market Cherry Blossom Festival

Pohon sakura dari dua sisi akan berpadu membentuk terowongan yang cantik. Warna biru hingga jingganya cakrawala akan terlihat di antara sela-sela ranting berbunga.

Hwagae Market Cherry Blossom Festival akan terbentang sepanjang jalan 4 km. Jalanan sepanjang Sanggyesa sampai ke Pasar Hwagaejangteo bahkan dijuluki sebagai wedding road.

Saat melewatinya, seolah kamu sedang berjalan dibawah dekorasi pelaminan. Suasana romantis akan menularkan aura kebahagiaan untuk hatimu yang damai.

Yeouido Spring Flowers Festival
Yeouido Spring Flowers Festival (Source : pixabay.com)

5. Yeouido Spring Flowers Festival

Jika kamu ingin melihat berbagai flora saaat musim semi di Korea, kamu bisa hadir ke Yeouido Spring Flowers Festival. Festival ini diadakan di sepanjang Yeouiseo-ro atau Yunjung-no.

Kurang lebih 1.886 pohon sakura akan menaungi para wisatawan dengan keindahannya. Selain bunga sakura, kamu juga bisa menikmati keindahan bunga forsythia, azalea, dan royal azalea.

Langit biru dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit begitu sempurna berpadu dengan keelokan warna bunga.

Meski dekat pusat kota, kamu tak usah khawatir akan terganggu dengan lalu lalang kendaraan. Karena selama perayaan musim semi, volume kendaraan yang melintas akan dibatasi.

Jika tak mau pergi pada siang hari, pemandangan pada malam hari pun tak kalah cantik untuk dilihat. Kerlip lampu yang berpendar di antara batang dan ranting pohon begitu sempurna menyambut mekarnya bunga-bunga.

Agar semakin semarak, pameran seni dan pertunjukan jalanan pun disajikan demi memanjakan para wisatawan.

Silk Town Mountain Cherry Blossom Festival
Silk Town Mountain Cherry Blossom Festival (Source : pixabay.com)

6. Silk Town Mountain Cherry Blossom Festival

Rumpun bunga sakura liar terbesar akan membentang pada tanah seluas 10.000 m2 di Bogok Village. Desa ini terletak di Gunbuk-myeon, Geumsan-gun, Chungcheongnam-do.


Udara di desa ini begitu sejuk dan bersih dari polusi. Langit biru begitu cerah, jauh dari kepulan asap yang akan mengganggu deru napasmu.

Festival ini biasa diselenggarakan pada pertengahan April.

Karena belum terlalu populer, festival ini tidak seramai festival lainnya. Kamu jadi bisa leluasa mengabadikan momen tanpa terganggu lalu lalang pengunjung lainnya.

Seokchon Lake Cherry Blossom Festival
Seokchon Lake Cherry Blossom Festival (Source : pixabay.com)

7. Seokchon Lake Cherry Blossom Festival

Seokchon Lake Cherry Blossom Festival menjadi salah satu acara yang paling dinanti saat musim semi. Perpaduan antara bunga sakura dan indahnya danau akan membuatmu takjub.

Festival ini diselnggarakan pada awal atau pertengahan bulan April.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa mengikuti lomba melukis dan mewarnai wajah. Pertunjukan dan pameran di sekililing danau juga ikut menyeruakkan festival ini.

Setelah puas memandangi bunga sakura, kamu juga bisa masuk ke Taman Bermain Lotter World yang berada di tengah danau.

Taman bermain berbentuk istana tersebut terlihat begitu mewah. Jangan lupa abadikan pemandangam dan pose terbaikmu untuk kau simpan atau bagikan kepada mereka yang terkasih.

Gwangju Bamboo Forest Festival
Gwangju Bamboo Forest Festival (Source : skyscanner.co.id)

8. Gwangju Bamboo Forest Festival

Ingin melihat pemandangan musim semi dengan perpaduan alam yang berbeda? Gwangju Bamboo Forest Festival adalah tempat yang tepat.

Pohon pohon bambu yang rimbun ditemani dengan pohon sakura yang indah bermekaran. Bisik angin dan riak air yang tenang di sekitar pohon sakura menghadirkan kedamaian bagi jiwa lelah.

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi tempat ini, kosongkan waktu pada akhir Maret atau awal April.

Hampyeong Butterfly Festival
Hampyeong Butterfly Festival (Source : cheria-travel.com)

9. Hampyeong Butterfly Festival

Untuk kamu yang ingin mengisi liburan musim semi tapi bosan dengan pakndnagan bunga sakura. Tenang, di korea ada Hampyeong Butterfly Festival.

Festival ini memadukan keindahan flora dengan kecantikam fauna pada nuansa yang romantis.

Kota Hampyeong terletak di peovinsi Jeollanam-do. Selama festival, kota etrsebut akan disulap menjadi negeri dongeng yang penuh kupu-kupu.

Totalitasnya lagi, berbagai sudut kota pun didekorasi dengan berbagai hiasan berbentuk kupu-kupu.

Lampu-lampu berbentuk kupu-kupu akan berbaur dengan kupu-kupu asli. Selain kupu-kupu, berbagai macam serangga dan tanaman air juga ikut dipamerkan dalam festival ini.

Pusat acara ini biasanya rutin dihelat di Hamoyeong expo Park Area. Pada area ini juga ditumbuhi banyak bunga canola kuning.

Everland Tulip Festival
Everland Tulip Festival (Source : pixabay.com)

10. Festival Bunga Tulip di Everland

Everland merupakan tempat wisata Seoul yang memiliki segudang wahana seru dan menantang adrenalin.

Bahkan, di taman bermain ini terdapat roller coaster tercuram di dunia. Yang lebih mengerikannya, jalur roller coaster ini terbuat dari kayu.

Sekitar 90 ragam jenis bunga berbeda juga akan dipamerkan di Everland, mulai dari daffodil hingga muscari. Selain memanjakan mata dengan bunga, kamu juga bis melihat pertunjukan parade dan seni.

Moonlight Parade (Parade Terang Bulan) dan Carnival Fantasy Parade (Parade Fantasi Karnaval) akan menampilkan pertunjukkan musim semi yang menakjubkan.

Lima kali dlaam sehari, karakter bertema musim semi akan keluar untuk mengajakmu berfoto bersama. Festival seru ini biasa diadakan mulai pertengahan Maret sampai akhir April.

Yang istimewa di musim semi, zona season garden di Everland akan mengadakan festival bunga tulip yang beraneka ragam. Bunga tulip yang bermekaran akan mewarnai liburan musim semimu.

Mau liburan musim semi di Korea tetapi tidak mau ribet sama urusan visa? Yal visaloka.com solusinya !

Write A Comment