Saat melancong ke Turki, hal yang tak boleh terlewatkan adalah membeli buah tangan untuk keluarga dan kerabat di tanah air. Turki adalah surga belanja yang menggoda mata dan menggugah selera.

Kamu mungkin sampai kebingungan dalam menentukan oleh-oleh khas Turki mana yang cocok untuk orang tersayangmu. Demi berbagi kebahagiaan dengan mereka, kamu harus mencari tahu dari sekarang.

Berikut kami berikan 15 rekomendasi oleh-oleh khas Turki yang unik dan banyak diburu wisatawan.

1. Peci Merah

Peci Merah
Peci Merah (Source : pixabay)

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya kaum muslim, peci ialah benda yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga.

Berbeda dengan peci Indonesia yang berwarna hitam dan pendek, Turki terkenal dengan topi merah panjangnya.

Peci merah atau fez yang ikonik ini merupakan warisan khas Yunani Kuno. Asal mula peci berasal dari Kekaisaran Turki Utsmani yang digunakan sebagai simbol untuk memuliakam kepala orang yang memakainya.

Meski syarat akan nilai historis yang sakral, peci merah ini dijual sebagai oleh-oleh untuk para pelancong.

Cinderamata ini bisa kamu dapatkan di berbagai gerai oleh-oleh atau Grand Bazar dengan harga sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000.

2. Nazar Amulet

Nazar Amuret
Nazar Amuret (Source : pinterest.com)

Bagi kamu yang masih memegang erat tradisi dan kepercayaan, buah tangan ini wajib kamu miliki. Nazar amulet diyakini sebagai jimat atau pelindung dari kejahatan.

Nazar amulet atau biasa dikenal dengan nama Turkish Blue Eyes merupakan manik-manik beraksen biru dan hitam yang menyerupai mata. Rekomendasi tempat terbaik untuk membeli benda ini adalah di Nazarkoy, sebuah desa di povinsi barat Izmir.

Di Nazarkoy kamu bisa berburu produk ini dengan harga murah meriah yakni sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000.

3. Lampu Gantung

Lampu Gantung Turki
Lampu Gantung Turki (Source : pixabay.com)

Lampu gantung yang unik dan berornamen khas ini jangan sampai terlewatkan. Meski terkesan glamor, oleh-oleh itu ternyata dijual dengan harga yang murah.

Jika bukan untuk orang lain, lampu gantung ini juga cocok kamu pajang di kamarmu sendiri. Dijamin deh, suasana liburan di Turki akan kamu rasakan setiap hari.

4. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci Turki
Gantungan Kunci Turki (Source : tribunnews.com)

Buah tangan yang satu ini memang menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang berlibur ke tempat manapun, termasuk Turki.

Bentuknya yang kecil dan simpel ditambah harga yang murah, membuat oleh-oleh wajib dari Turki ini selalu jadi rebutan.

Gantungan kunci khas Turki biasanya berbentuk sepatu atau lampion bercorak ukiran khas Turki. Benda ini akan mudah kamu temui di Grand Bazar dengan harga mulai dari Rp 3.000.

Baca juga: 5 Tips Cepat Belajar Bahasa Turki untuk Pemula

5. Tembikar Iznik

Tembikar Iznik
Tembikar Iznik (Source : pixabay.com)

Tembikar İznik merupakan keramik yang didekorasi dengan seni Cina. Karya seni ini begitu berjaya selama masa Kekaisaran Turki Utsmani. Tak pudar oleh waktu, tradisi membuat keramik ini masih terus diwariskan hingga saat ini.

Jika kamu tertarik membelinya, kamu bisa berkunjung ke barat laut Kota Iznik.

6. Telkari

Telkari
Telkari (Source : pixabay.com)

Karya seni klasik asal Mesopotamia ini dikenal sebagai seni asal Mardin, bagian tenggara Turki. Telkari terbuat dari kabel perak tipis yang dirangkai dengan indah.

Seni Telkari biasa dituangkan dalam bentuk perhiasan Turki atau barang hiasannya lainnya. Gelang Turki atau anting Turki ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk orang terkasihmu.

7. Tas Turki

Tas Turki
Tas Turki ( Source : pixabay.com)

Selain gantungan kunci, souvenir terfavorit lainnya adalah tas khas Turki. Terlebih jika kamu adalah pecinta fashion, maka benda itu jangan sampai terlewatkan.

Orisinalitas dan keunikan pada motif tas Turki, akan menunjang gaya pakaianmu menjadi lebih keren. Kamu bisa memakainya untuk ke kampus, mall, ataupun kantor.

Selain di pakai sendiri, tas ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Harganyanya pun cukup terjangkau.

Dengan harga mulai dari Rp 30.000, kamu bisa memilih berbagai macam corak tas ini. Untuk rekomendasi tempat terbaik, kamu bisa pergi ke Ortakoy Weekend Market.

8. Turkish Delight

Turkish Delight
Turkish Delight (Source : pixabay.com)

Makanan yang satu ini juga menjadi makanan hits di Brazil, Yunani, Inggris, Amerika Utara, Romania, dan lainnya.

Gula serta gel pati yang disajikan dalam bentuk bulat atau kubus adalah bahan dasar dari makanan ini.

Untuk menambah kelezatannya, Turkish Delight bisa dikombinasi dengan kacang-kacangan atau potongan kurma.

Selain ditaburi topping potongan kecil, Turkish Delight juga bisa ditambahkan berbagai varian rasa seperti jeruk bergamot, mint, kayu manis, dan lemon.

Cemilan ini wajib kamu buru sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau para sahabat. Jika mau memborongnya, kamu bisa membeli di Spice Bazaar mulai dari Rp 100.000. Di sana, kamu bisa mendapatkan harga termurah jika dibandingkan tempat lainnya.

Baca juga: Jenis dan Persyaratan Beasiswa Turki Burslari yang Wajib Kamu Pahami

9. Batu Oltu

Tasbih Batu Oltu
Tasbih Batu Oltu (Source : amazon.com )

Bagi kamu pemburu pernak-pernik perhiasan, kamu bsia mengunjungi distrik Oltu di kota timur Erzueum. Batu oltu atau amber hitam yang cantik ini bisa kamu dapatkan di sana.

Batu semi logam mulia bertekstur ringan ini digunakan dalam pembuatan anting, gelang, cincin, kalung, tasbih, dan pipa rokok.

Yang membuat menarik, batu padat ini jika digosokkam ke permukaan benda makan akan memercikkan api.

10. Kopi Turki

Kopi Turki
Kopi Turki (Source : pixabay.com)

Kopi adalah minuman nikmat yang membuat candu penggemarnya. Tak heran, bisnis kopi dari dulu hingga kini tak pernah ada matinya.

Oleh-oleh ini sangat direkomendasikan karena mungkin banyak kolegamu yang juga pecinta kopi.

Kopi Turki dijual di berbagai titik lokasi, tetapi toko kopi paling terkenal terletak di Emininu Istanbul, di dekat Bazaar Mesir.

11. Teh Apel

Teh Apel Turki
Teh Apel Turki (Source : pixabay.com)

Minuman favorit selain kopi adalah teh. Minuman teh asam dengan aroma khas buah apel ini bisa jadi pilihan daftar belanjaanmu.

Teh apel bubuk juga bisa kamu dapatkan di Spice Market. Jangan khawatir, oleh-oleh ini bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau.

Teh apel bubuk berukuran 200 gram bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 20.000.

12. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun (Source : pixabay.com)

Minyak ini terbuat dari buah zaitun, pohon tradisional yang berasal dari Basin Mediterania. Minyak ini banyak digunakan untuk tujuan kesehatan dan juga kecantikam.

Ekstrak zaitun dijual dalam bentuk sabun, pelembap rambut, dan krim tangan. Turki merupakan pemasok minyak zaitun terbesar di negara-negara Eropa.

Untuk 250 ml minyak zaitun bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 50.000.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Turki yang Tak Kalah Keren dengan ITB

13. Pasmina

Pasmina Khas Turki
Pasmina Khas Turki (Source : bp-guide.id)

Dengan semakin maraknya penggunaan hijab di kalangan muslimah tanah air, oleh-oleh ini tentu sangat direkomendasikan.

Corak menarik nan unik khas Turki membuat pasmina Turki begitu cantik, apalagi dipadupadankan dengan pakaian khas Turki.

Ominonu dan Masjid Biru tentu menjadi rekomendasi tempat terbaik untuk berburu buah tangan ini. Harga satu buah pasmina dibandrol dengan harga Ro 30.000 – Rp 70.000.

14. Baklava

Baklava
Baklava (Source : pixabay.com)

Makanan khas Turki ini memadukan roti tipis dengan taburan pistachio, almond, dan walnut. Agar lebih nikmat, makanan ini biasa disajikan dengan sirup. madu atau filo pastry.

Rasa manis yang legit dan pas pada cemilan ini membuat ketagihan. Kamu bisa membeli makanan ini diberbagai tempat di Turki, tetapi Kota Gaziantep menjadi tempat terbaik untuk berburu makanan ini.

Tidak usah khawatir, baklava bisa bertahan tiga hari jika kamu ingin membawanya ke tanah air. Untuk 24 potong Baklava dijual dengan harga sekitar Rp 300.000.

15. Permen Kastanye

Kastanye
Kastanye (Source : pixabay.com)

Permen Kastanye, jajanan manis yang berasal dari Bursa ini cocok kamu berikan untuk anak-anak. Permen manis ini terbuat dari chestnut Gunung Uludag yang direbus dalam sirup gula.

Permen ini memiliki berbagai varian rasa yang menggoda. Bukan hanya anak-anak, permen ini juga cocok digunakan sebagai cemilan saat santai oleh orang dewasa.

Bagaimana, sudah ada gambaran kan oleh-oleh khas Turki apa saja yang mau kamu buru saat ke Turki nanti?

Bukan hanya perihal buah tangan, masalah visa juga harus kamu pelajari dari sekarang. Dari pada buang waktu untuk mengurusi pembuatan visa yang rumit dan lama, mending kamu percayakan saja pada visaloka.com.

Write A Comment