“Tuntutlah Ilmu sampai ke Negeri Korea.” Peribahasa ini nampaknya sudah relevan digunakan, mengingat perkembangan Universitas di Korea Selatan sudah jauh menyusul China.

Bukan hanya industri kreatifnya yang mendominasi pasar dunia, hampir di segala aspek kehidupan Korea pun sudah menunjukkan taringnya. Produk-produk kecantikan mereka menunjukkan industri farmasi  dan kedokteran yang berkembang begitu hebat.

Produk-produk teknologi Korea yang menggeser dominasi pasar negara luar  menggambarkan betapa hebatnya insinyur dan para pebisnis di negara mereka.

Semua pencapaian hebat yang mereka raih tak akan menjadi apa-apa kalau bukan disokong oleh pendidikan yang maju. Bisa kuliah di Korea Selatan kini menjadi impian banyak pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Kamu ingin berkuliah di Korea Selatan,  tetapi bingung menentukan universitas dan jurusannya? Berikut kami rangkum, daftar lima universitas terbaik di Korea versi QS South Korea Rangkings 2020.

KAIST
KAIST (Source : indonesiamengglobal.com)

1. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Berdasarkan QS South Korea Rangkings 2020, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) menduduki posisi teratas.

Tak heran, banyak lulusan terbaik dari kampus-kampus favorit di Indonesia berbondong-bondong untuk mencari beasiswa ke universitas ini.

KAIST terletak di Kota Daejeon. Korea Selatan. Universitas ini pertama kali berdiri tahun 1971. Dari namanya saja mungkin kamu sudah tahu bahwa universitas ini berfokus pada bidang sains dan teknologi.

Dalam penerapannya, teknologi tak akan berjalan tanpa adanya dukungan dari disiplin ilmu lainnya. Oleh karena itu, universitas ini juga membuka bidnag studi bisnis, sosial, seni, bahasa, budaya, dan humanuiora.

Sayangnya, universitas terkenal di Korea ini hanya menerima 7.000 mahasiswa saja. Hal ini dilakukan agar kualitas mahasiswa bisa termaksimalkan secara menyeluruh.

Seoul National University
Seoul National University (Source : snu.ac.kr)

2. Seoul National University

Universitas peringkat kedua berdasarkan QS South Korea Rangkings 2020 ialah Seoul National University (SNU). SNU ini dikenal sebagai perguruan tinggi terbesar di Korea Selatan.

SNU pertama kali berdiri tahun 1946 di Kota Seoul, Korea Selatan. Dengan menerapkan sistem multi kampus, universitas ini sukses mengkolaborasikan tiga kampusnya meski dari tempat yang berbeda.

Fasilitas yang lengkap mampu meningkatkan kenyamanan belajar para mahasiswanya. Asrama,  perpustakaan, hingga fasilitas olahraga begitu dimaksimalkan untukmenyeimbangkan kualitas akademik dan non akademik.

Untuk kamu yang khawatir masalah biaya, SNU menawarkan berbagai macam beasiswa untuk para mahasiswanya.

Sekitar 25.000 mahasiswa sarjana serta pascasarjana dan 2.000 staf pengajar mampu berkolaborasi dengan baik demi menciptakan iklim kampus yang produktif.

Korea University
Korea University ( Source : korea.edu)

3. Korea University

Selain KAIST dan SNU, perguruan tinggi berkualitas lainnya di Korea Selatan ialah Korea University. Kampus ini terletak di ibukota  Korea Selatan, Seoul.

Meski berstatus sebagai perguruan tinggi swasta, namun kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Korea University merupakan salah satu universitas tua di Korea Selatan. Kampus ini berdiri pada 1905. Untuk bisa masuk ke sini, kamu harus berjuang ekstra karena seleski penerimaan mahasiswanya begitu ketat.

Kuantitas mahasiswa yang berkuliah di sini baik mahasiswa sarjana maupun pascasarjana begitu banyak yakni mencapai 30.0000 orang. Dari sekian banyak orang yang beruntung, semoga kamu salah satunya.

Sungkyunkwan University
Sungkyunkwan University (Source : admission-global.skku.edu)

4. Sungkyunkwan University (SKKU)

Sebagai universitas tertua di Asia Timur, nama Sungkyunkwan University (SKKU) menjadi begitu diperhitungkan. Terletak di Kota Seoul, universitas ini pertama kali berdiri pada 1398.

Bukan hanya di Kota Seoul, kini universitas ini sudah memiliki dua kampus. Di Kota Seoul terdapat kampus Sastra dan Ilmu Sosial, sedangkan di Kota Suwon terdapat kampus Ilmu Alam.

Bahasa pengantar di beberapa jurusan sudah menggunakan bahasa Inggris untuk mendukung program universitas bertaraf internasional. SKKU merupakan universitas di Korea yang menyediakan beasiswa.

Bahkan, kuota beasiswa pun semakin meningkat untuk mewadahi para mahasiswa internasional.

Meskipun universitas swasta, SKKU memiliki kerjasama dan pendanaan research dengan Samsung. Buat kamu yang bercita-cita bekerja ke Samsung setelah lulus, bisa mendaftar universitas ini. Karena sudah bekerja sama, siapa tahu kesempatanmu jadi semakin terbuka lebar.

Yonsei University
Yonsei University (Source : yonsei.ac.kr)

5. Yonsei University

Universitas terbaik nomor lima di Korea Selatan ialah Yonsei University. Lokasi kampus ini terletak di Kota Seoul. Bukan hanya top di Korea Selatan, universitas ini pun secara konsisten masuk 150 besar dunia serta 20 besar di Asia.

Universitas ini termasuk salah stau universitas tertua di Korea Selatan karena berdiri pada 1885. Saat ini, 4.500 dari 38.000 mahasiswanya merupakan mahasiswa internasional.

Yonsei University namanya sering disandingka dengan Seoul National University dan Korea University sebagai tiga sekawan. Tiga universitas itu biasa disingkat dengan sebutan SKY (Seoul National University, Korea University, Yonsei University).

Untuk kamu yang ingin masuk universitas di Korea, jangan lupa pelajari semua persyaratan dan budaya kampusnya. Jika nanti sudah diterima, jangan lupa langsung persiapkan visa secara mudah dan cepat di visaloka.com.

Write A Comment